Sabtu, 16 Februari 2013

Anak Taat


Assalamu'alaikum wr.wb
Anak taat adalah entri yang akan aku tuliskan saat ini. Yang namanya orang tua pasti mendambakan anak yang selalu taat. Orang tua yang melahirkan kita pasti berharap agar kita dilahirkan sempurna dan menjadi orang yang berguna nantinya. Anak yang taat pasti akan memberi hati orang tua selalu damai, ortu yang telah melahirkan kita, menjaga, mendidik, mengasuh dari kecil.
Setelah orang tua dengan susahnya melahirkan kita, menjaga kita maka sebagai anak haruslah selalu menghormati dan meringankan beban orang tua. Anjuran ini terdapat dalam Firman Allah Surah Luqman 31:14 
 ''Dan kami wajibkan manusia
 berbuat baik kepada kedua-dua ibu bapaknya,
 ibu yang telah mengandungnya, dengan menanggung 
kelemahan demi kelemahan (dari awal mengandung hingga akhir penyusuan).''
Apa yang dimaksud anak taat? anak yang taat adalah anak yang selalu mematuhi perintah orang tua dalam keadaan apapun. Bahkan apabila orang tua memanggil saat kita solat sunat misalnya, kita wajib berhenti dan menjawab penggilannya. Apalagi dalam hal yang remeh misalnya saat kita membaca buku, belajar atau melihat tv, apabila orang tua memanggil wajiblah kita menjawab panggilannya, itu contohnya saja. 
Taat kepada orang tua bukan hanya dilakukan saat orang tua masih hidup tapi setelah mereka meninggal dunia juga. Contohnya, anak yang taat akan selalu mendoakan orang tua dan menjalin hubungan yang baik terhadap kenalan mereka (orang tua). Bahkan terhadap orang tua yang tidak beriman kepada Allah sekalipun, anak harus tetap menuanaikan hak terhadap orang tua. 
Saya membaca tentang kisah pada zaman Nabi Musa tentang anak yang menjaga ibu bapaknya, walaupun wajah orang tuanya sudah berubah menjadi khinzir (karena tidak taat kepeda perintah Allah) Subhanallah pemuda itu nantinya akan bertetangga dekat dengan Nabi Musa di Syurga.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...