1. Jembatan Millau (Tinggi 341 m) heru-blog.com
Jembatan Millau (le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan
yang bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat
Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis
Michel Virlogeux dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan
jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341
meter; sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki)
lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14
Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.
|
Jembatan Millau
|
2. Jembatan Sungai Sutong Yangtze (Tinggi 306 m) heru-blog.com
|
Jembatan Sungai Sutong Yangtze
|
Jembatan Sungai
Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang membentang diatas
Sungai Yangtze di Cina antara Nantong dan Changshu, sebuah kota satelit
dari Suzhou, di provinsi Jiangsu. Dengan rentang 1.088 meter, jembatan
ini adalah jembatan kabel dengan rentang utama terpanjang di dunia pada
2010. Dua bentang samping masing-masing 300 meter, dan ada juga empat
rentang kabel kecil. Jembatan ini menerima penghargaan Prestasi 2010
Teknik Sipil Posisi (OCEA) dari American Society of Civil Engineers.
Dua menara
jembatan memiliki tinggi 306 meter dan dengan demikian tertinggi ke tiga
di dunia. Panjang jembatan total 8.206 meter. Konstruksi dimulai pada
bulan Juni 2003, dan jembatan itu terkait pada bulan Juni 2007. Jembatan
itu dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 25 Mei 2008 dan secara resmi
dibuka pada 30 Juni 2008. Konstruksi jembatan ini menghabiskan biaya
sekitar US $ 1,7 miliar.
3. Jembatan Akashi-Kaikyo (Tinggi 298.3 m) heru-blog.com
|
Jembatan Akashi-Kaikyo
|
Jembatan
Akashi-Kaikyo adalah jembatan gantung (suspension bridge) di atas selat
Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di pulau
Awaji, Jepang. Jembatan tol Akashi-Kaikyo terlihat indah di waktu malam
dengan gemerlap lampu-lampu beraneka warna, sehingga jembatan ini juga
dikenal dengan nama Pearl Bridge (jembatan mutiara). Jembatan ini
panjangnya 1990 meter dan merupakan jembatan terpanjang di dunia
|
Jembatan Akashi-Kaikyo
|
Sebelum
Jembatan Akashi-Kaikyo dibangun, kapal feri merupakan satu-satunya
sarana transportasi yang dipakai untuk menyeberangi derasnya selat
Akashi. Di tahun 1955, terjadi tabrakan akibat cuaca buruk di Laut
Pedalaman Seto antara 2 kapal feri dengan korban 168 tewas yang sebagian
besar anak-anak sekolah yang sedang studi wisata. Kemarahan masyarakat
mendorong pemerintah Jepang untuk mulai merancang jembatan-jembatan yang
menghubungkan pulau-pulau di Laut Pedalaman Seto, termasuk di antaranya
jembatan gantung di atas selat Akashi. Pada mulanya, Jembatan
Akashi-Kaikyo dirancang untuk dilewati kendaraan bermotor dan kereta
api, tapi pada saat proyek pembangunan diumumkan pada bulan April 1986
ternyata jembatan hanya untuk dilewati kendaraan bermotor saja (semuanya
ada 6 jalur). Pembangunan fisik dimulai tahun 1988 dan jembatan dibuka
untuk umum pada tanggal 5 April 1998.
4. Jembatan Stonecutters (Tinggi 298 m) heru-blog.com
|
Jembatan Stonecutters
|
Jembatan
Stonecutters adalah jembatan kabel yang melintas di Selat Rambler di
Hong Kong, menghubungkan Nam Wan Kok, Pulau Tsing Yi dan Pulau
Stonecutters. Dek jembatan selesai dibangun pada tanggal 7 April 2009,
membuat jembatan ini terpanjang kedua dalam rentang kabel tetap di
dunia, dan dibuka untuk lalu lintas umum pada 20 Desember 2009.
Konstruksinya, dimulai pada tanggal 27 April 2004 oleh beberapa
perusahaan seperti Maeda-Hitachi-Yokogawa-Hsin Chong. Menghabiskan dana
sebesar HK $ 2.760.000.000.
|
Jembatan Stonecutters
|
5. Great Belt Fixed Link (Tinggi 254 m) heru-blog.com
|
Great Belt Fixed Link
|
Great Belt
Fixed Link adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara Denmark dan
Funen di Great Belt. Jembatan ini merupakan jembatan gantung yang
terdiri dari jalan raya dan terowongan kereta api antara Zealand dan
pulau Sprog. Jembatan ini memiliki rentang ketiga utama terpanjang di
dunia (1,6 km) dan tinggi konstruksi mencapai 254 m.
0 komentar:
Posting Komentar